Guestbook
welcome to fahlepi's blog, enjoy it guys!

Selasa, 10 Februari 2015

Word lens, aplikasi penerjemah dengan kamera

Word Lens. Pernahkah Anda membayangkan jalan-jalan ke luar negeri tanpa menggunakan pemandu atau agen perjalanan lalu ‘tersesat’ di Negara yang petunjuk arah dan petunjuk lainnya tidak menggunakan Bahasa Inggris, apalagi menggunakan Bahasa Indonesia?

Misalnya, Anda sedang pergi ke Rusia untuk jalan-jalan sebagai seorang backpacker, lalu ingin mengunjungi Red Square yang terkenal itu, tapi kebingungan membaca petunjuk arah. Terbayang dong repotnya harus bertanya atau pergi ke pusat informasi.

Logo Aplikasi penerjemah Word Lens Sumber: questvisual.com

Tapi, tenang, sekarang sudah ada aplikasi penerjemah canggih bernama Word Lens. Sebuah aplikasi penerjemah bahasa secara langsung tanpa perlu koneksi internet. Aplikasi Word Lens ini awalnya dikembangkan oleh Quest Visual dan merupakan aplikasi berbayar, tapi setelah dibeli oleh Google, aplikasi ini pun digratiskan dan tersedia untuk Android, iOS bahkan Google Glass.

Word Lens adalah aplikasi yang memanfaatkan teknologi Augment Reality (AR), sebuah teknologi yang memungkinkan kita mendapatkan hasil terjemahan secara langsung. Aplikasi ini bukan hanya dapat menerjemahkan kata yang kita ketikan saja, lebih dari itu, fitur utama Word Lens adalah aplikasi penerjemahberbasis gambar. Misalnya, saat kita mengarahkan kamera ponsel pintar Anda atau Google Glass ke suatu marka jalan atau menu dalam bahasa asing, maka aplikasi ini akan memunculkan kata tersebut dalam bahasa yang kita pilih. Sayangnya, sampai saat ini, aplikasi ini hanya bisa menerjemahkan kata per kata, bukan sebuah kalimat, jadi tingkat akurasi hasil terjemahannya masih rendah.

Contoh Hasil Aplikasi penerjemah Word Lens Sumber: play.google.com

Aplikasi ini awalnya diluncurkan pada tahun 2010 dan waktu itu hanya tersedia untuk iOS dan hanya bisa menerjemahkan Bahasa Inggris ke Bahasa Spanyol maupun sebaliknya saja. Sampai hari ini, aplikasi ini sudah bisa melakukan penerjemahan berbasis gambar pada Bahasa Inggris, Spanyol, Portugis, Rusia, Italia, Perancis dan Jerman. Namun dengan bergabungnya tim pengembang Words Lens ke dalam keluarga besar Google, dipastikan aplikasi Word Lens ini akan menambahkan bahasa-bahasa lainnya dalam waktu dekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar