Guestbook
welcome to fahlepi's blog, enjoy it guys!

Minggu, 14 Oktober 2012

tugas "peranan matematika dalam kehidupan sehari-hari"


PERANAN MATEMATIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
kalau kita melihat hakikat keterkaitan matematika dalam kehidupan manusia, tentu penguasaan akan matematika merupakan sebuah keahlian dasar hidup yang penting. Dalam modul pembelajaran yang diterbitkan United States Agency for International Development (USAID) dijelaskan bahwa matematika adalah sebuah aturan dan disiplin ilmu yang didasarkan pada sebuah pola pembelajaran bagaimana usaha dan kegagalan bisa dipecahkan dengan pola pikir yang terstruktur. Menghitung aritmatika (dengan kalkulator atau dengan tangan) dibutuhkan ketika ingin mengukur berat, volume, jarak, bilangan dan menghitung jumlah (uang) dalam kehidupan sehari-hari. Pengertian akan pola pikir terstruktur sangatlah penting untuk kegiatan sehari-hari seperti menjahit, memasak, bertukang, menanam pohon, memperbaiki sebuah motor dan merancang sebuah mobil.
Di sisi lain, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) juga tidak luput dari peran matematika. Seiring dengan perkembangan zaman, Matematika semakin diperlukan dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Bidang pengembangan keilmuan, saat ini kita jumpai perpaduan pelbagai macam ilmu dengan matematika, seperti Matematika Ekonomi, Matematika Fisika, Psikometri, Matematika Statistik, Statistika Pendidikan, Statistika Komunikasi dan Bisnis, dan lainnya. Tapi, yang perlu digarisbawahi, dalam hal yang demikian, tentunya matematika tidak bekerja sendirian. Matematika tetap berdampingan dengan disiplin keilmuan lainnya. Dalam realitanya, matematika bisa saja menjelma pada bidang ilmu lain, seperti akuntansi dan geografi. Kalau dalam “ilmu agama” kita mengenal ilmu falaq, ilmu faraidh. Kesemuanya itu melibatkan matematika.
Dalam dunia kerja, matematika telah dipandang sebagai alat penyaring (seleksi) bagi orang untuk memperoleh pekerjaan yang lebih baik dengan gaji yang lebih tinggi. Kalau kita menengok beberapa kegiatan dalam kehidupan sehari-hari, juga tidak sedikit yang melibatkan penggunaan matematika atau proses berpikir matematis, misalnya melakukan jual-beli, mengukur luas tanah pekarangan, areal sawah, menimbang beras dan gulan, menghitung pengeluaran kebutuhan rumah tangga, menghitung biaya pembayaran rekening listrik dan PDAM, membayar hutang, dan sebagainya.
Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa matematika merupakan salah satu kekuatan utama pembentuk konsep tentang alam, serta hakikat dan tujuan manusia dalam kehidupannya. Oleh karena itu matematika penting bagi siswa dan mahasiswa untuk hidup, belajar, dan bekerja




MANFAAT MATEMATIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
·        Manfaat bagi Ibu Rumah Tangga. 
Manfaat Aljabar bagi Ibu Rumah Tangga adalah untuk memanajemen uang gaji, uang saku anak, uang sekolah anak, dll. Contoh memanajemen uang bagi Ibu Rumah Tangga: Seorang Ibu setiap bulan mendapat gaji sebesar Rp 1.500.000,00. Ia diberi uang tambahan dari suaminya sebesar Rp 500.000,00 per bulan. Dibutuhkan Rp 200.000,00 untuk uang belanja per bulan. Uang sekolah total dari ke-2 anaknya sebesar Rp 1.000.000,00. Sang Ibu bingung, berapa uang saku perorangan yang harus ia berikan untuk kedua anaknya per minggu tetapi uang per bulannya masih tersisa Rp 200.000,00 untuk ditabung. Jika Ibu itu pintar Aljabar, maka Ibu itu dapat menentukan uang saku tersebut secara tepat, kalau tidak????
Cara mengerjakan menggunakan Aljabar:
Kita anggap uang saku setiap anak per minggu sebagai x
(1.500.000 + 500.000) - 200.000 = 1.000.000 + 200.000 + (4 X 2x)
2.000.000 - 200.000                     = 1.200.000 + (8x)
1.800.000                                      = 1.200.000 + 8x
1.800.000 - 1.200.000                  = 8x
600.000                                         = 8x
x                                                    = 600.000/8
x                                                    = 75.000
{Mengapa (4 X 2x) karena 1 bulan = 4 minggu dan 2x itu adalah uang saku 2 orang anak}.
Jadi, uang saku setiap anak dalam waktu seminggu adalah Rp 75.000,00.

  • Bagi para pedagang. 
Aljabar dapat membantu pedagang untuk menghitung besar kecil keuntungan atau kerugian yang dapat diperolehnya, dan dapat menentukan besar modal yang harus dipakainya. Contoh penerapan Aljabar dalam kehidupan pedagang:

Seorang pedagang bakso membeli 10 kg daging sapi dengan harga Rp 20.000,00. Dengan 10 kg daging sapi tersebut dapat dibuat menjadi 20 mangkuk bakso. Pedagang itu ingin laba per mangkuk dari bakso tersebut sebesar Rp 2.000,00. Lalu berapa harga jualnya??! Kalau pedagang itu pintar matematika, pasti akan mudah mengetahuinya, tapi kalau nggak???
Cara mengerjakan menggunakan sistem aljabar:
Kita anggap harga jual bakso itu sebagai x.
Maka,
x = (20.000/20) + 2.000
x = 1.000 + 2.000
x = 3.000
Jadi, harga jual yang bisa diterapkan agar laba satu mangkuk bakso 2.000 rupiah adalah sebesar Rp 3.000,00. Dengan matematika dan sistem Aljabar, mudah kan???

  • Progammer
Untuk menjadi seorang progammer yang handal, mereka juga membutuhkan pelajaran dasar matematika tentang persamaan garis. bagi progammer, persamaan garis itu sangatlah penting. Contoh aplikasi yang membutuhkan persamaan garis untuk progammer adalah turbo pascal.
Contoh penerapannya di kehidupan sehari-hari:
Kalian pasti pernah memasuki bank, RS, atau stasiun pemberhentian kendaraan bukan? Nah disana terdapat sebuah mesin pengambil antrian atau nomor pelanggan yang setiap kali ditekan tombol kendalinya maka akan keluar secarik kertas bertuliskan nomor antrian tersebut. Nah program yang digunakan untuk menjalankan mesin tersebut menggunakan persamaan garis dan bisa diprogram menggunakan turbo pascal.


Selain untuk berhitung..kegunaan matematika itu sangat penting,terutama bagi mereka yang ingin mengembangkan ilmunya dalam bidang ekonomi dan bisnis..Pesatnya perkembangan ilmu ekonomi dan bsnis pada saat ini,untuk pemecahan masalahnya dapat di lakukan dengan metode kuantitatif, maka salah satu alat yg di gunakan dalam mengembangkan ilmu ekonomi tersebut adalah Matematika.

misalnya Integral
Di dalam ilmu ekonomi serig di jumpai persoalan yang mencari fungsi,jika di ketahui laju perubahan fungsi tersebut.Misalnya,untuk menentukan biaya total, jika di ketahui biaya marjinal,maka proses mencarinya dengan cara mengintegralkan fungsi biaya marjinalnya..




PERANAN MATEMATIKA DALAM PERKEMBANGAN TIK
Matematika merupakan raja sekaligus pelayan bagi ilmu-ilmu lainnya. Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini tidak terlepas dari adanya campur tangan matematika. Sebagai contoh adalah penggunaan logika matematika sebagai dasar bahasa pemrograman, struktur data, kecerdasan buatan, sistem digital, basis data, teori komputasi, rekayasa perangkat lunak, jaringan saraf tiruan dan lainnya yang mempergunakan logika secara intensif. Selain itu, ada pula penggunaan lain dari matematika terhadap perkembangan TIK, yaitu penggunaan algoritma untuk menghemat ukuran file serta dalam pemrograman komputer, penggunan segitiga pascal dalam program turbo pascal, dan lain sebagainya. Masih banyak lagi sumbangan matematika dalam perkembangan TIK yang merupakan dasar ilmu computer.
Manfaat Similarity


Mungkin kalian berpikir similar itu tidak penting, Ups kalian salah... similarity itu sangatlah penting bagi kita. Manfaat similar adalah
  • Ada seorang siswa dari SMP XXX misalnya, ia merasa bahwa SMP-nya itu paling bagus dan pintar di kabupatennya. Tetapi kenyataannya SMP kalianlah yang nomor 1. Ia tidak terima dan langsung pergi ke SMP kalian, menantang salah satu siswa, misalnya kamu yang ditantang. Ia memberi pertanyaan begini. "Kalau kalian pintar, seharusnya kalian bisa mengukur tinggi dari pohon cemara ini." Jika kalian orang yang "maaf" bodoh, atau tidak peduli bahwa ketidak tahuan kalian karena kebodohan kalian dapat mempermalukan sekolah kalian, kalian pasti akan menjawab, "Emang gua pikirin, ngapain lu tanya tinggi pohon tuh, ape manfaatnye!" Tetapi kalau kalian orang yang peduli bahwa kebodohan kalian akan mengancam nama baik SMP kalian, tetapi kalian itu kurang tahu (tidak tahu cara mengerjakannya) kalian pasti akan bilang begini, "Emmm... Gimana, ya caranya. Emang Bisa to ngukur tinggi pohon itu". Tetapi kalau kalian pintar, kalian tentu dapat menjawabnya.
Caranya: Ambillah sebuah meteran dan sebatang tongkat. Ukur bayangan pohon, dan setelah diukur panjang bayangan pohon 2m. Ukur panjang tongkat, kemudian tegakkan tongkat tersebut. Lalu ukur bayangan tongkat. Dan kalian mengetahui bahwa panjang tongkat 60 cm dan panjang bayangannya 40 cm. lalu kalian bisa membuat perbandingan, 60 cm/40 cm = x/2m. Setelah itu kalian mengetahui bahwa tinggi pohon tersebut adalah 3m. Dengan matemantika dan sistem similar, mudah kan???

1 komentar: